HMJ Bahasa Inggris FSB-UNG Gelar Diskusi Kemerdekaan Guna Edukasi Masyarakat

Oleh: Moh. Kadhapy . 24 Agustus 2021 . 11:04:02

Hari kemerdekaan 17 Agustus di tahun 2021 ini merupakan momentum yang sangat dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Pada momentum kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo mengadakan Talkshow yang bertemakan "Bumi Nusantara (Sudah) Merdeka" berlokasi di Konsep Syndrome Coffee pada hari selasa tanggal 24 Agustus 2021.

Demi melancarkan kegiatan ini, seluruh pengurus HMJ yang terlibat di dalamnya telah merancang kegiatan ini secara hybrid, tidak lupa juga mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan seluruh partisipan dan narasumber yang menghadiri kegiatan ini juga telah melakukan vaksinasi.

Melalui rumusan panjang dan bergejolak, tema yang dihasilkan ialah dengan melihat kondisi kemerdekaan di bumi nusantara, apakah benar sudah terealisasikan atau masih menuai tanda tanya. karena melihat konsep kemerdekaan sendiri memiliki banyak sudut pandang dan banyak aspek yang harus terakomodir.

Kegiatan ini maksudkan untuk memberikan Edukasi terhadap masyarakat luas terkait Merdeka dan Keadaan yang ada di negeri yang Merdeka seperti sekarang ini. Tentu hal ini masih perlu diurai kembali dan perlu dikuliti demi penyempurnaan pandangan kita terhadap negara yang merdeka saat ini. Ketua panitia Insyari Mokoginta juga berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk membangun semangat jiwa muda.

Lalu ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, Fadlia Panigoro menambahkan gagasannya terkait keadaan kemerdekaan yang ada di Nusantara ini. Ia berkesimulan dari diskusi yang telah dilaksanakan bahwa pandangan dari pemateri yang terdiri dari Mario Nurkamiden selaku Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Publik UNG, Moh. Afandi Ismail Selaku Wakil Presiden Mahasiswa UNG 2017, dan Alwi Kakoe selaku Ketua Bidang Pengembangan Organisasi Senat Mahasiswa Fakultas Sastra dan Budaya 2021 mengarah pada kata Merdeka versi pengakuan dan kata Merdeka berdasarkan keadaan yang terjadi di bumi Nusantara saat ini.

"Sebagai mahasiswa saya menilai bahwa kata Merdeka juga perlu kinerja besar dalam mengakomodasi kesejahteraan seluruh rakyat di Bumi Nusantara, Indonesia" tandasnya.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.