Kontrak Kinerja Fakultas Berbasis IKU dan Absensi Kehadiran Besbasis Online

Oleh: Moh. Kadhapy . 22 Februari 2021 . 17:27:46

Fakultas Sastra dan Budaya mengadakan Rapat Persiapan Perkuliahan Semester Genap yang dirangkaikan dengan agenda; Kontrak Kinerja Fakultas Berbasis IKU dan Absensi Kehadiran Besbasis Online. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Fakultas (Saronde lantai 1) pada hari Senin, 22 Februari 2021. Kegiatan ini melibatkan seluruh civitas akademik Fakultas Sastra dan Budaya baik dari tenaga dosen, pegawai, ketua- ketua jurusan, dekanat dan yang lainnya.

Dengan sangat antusias, Dekan Fakultas Sastra dan Budaya Professor Nonny Bassalama menyampaikan harapan - harapanya di awal semester genap ini. Beliau menyampaikan target yang sangat diidam-idamkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya yakni menjadi unggul dan berdaya saing. Dengan penuh harap beliau menitipkan tugas - tugas spesial kepada pimpinan - pimpinan jurusan untuk terus mendongkrak perkembangan akreditasi jurusan mereka. Beliau percaya bahwa apabila kesungguhan yang telah dibangun dapat diseriusi, ditekuni, dan di laksanakan dengan usaha maksimal maka tentu cita - cita yang kita harapkan akan mudah kita capai.

"Untuk meningkatkan akreditasi, kita harus menekankan mahasiswa untuk dapat menghasilkan karya, pun juga program ormawa harus berbasis output dan outcome bukan lagi sebatas event atau ceremonial" tambah Professor Nonny.

Pembahasan selanjutnya yakni pemaparan oleh Wakil Dekan 1 bagian Akademik Fakultas Sastra dan Budaya ibu Dr. Sitti Rachmi Masie. Beliau menyampaikan terkait program Kampus Mengajar yang alhamdulillah pada tahun ini Fakultas Sastra dan Budaya sudah sangat siap untuk menjalankan program ini. Beliau merasa sangat bersyukur karena mahasiswa menyambut baik program ini. Beliau menyampaikan bahwa terdapat 28 mahasiswa yang telah melapor untuk bersedia menjadi tenaga pengajar pada program tersebut. Dari 28 mahasiswa terdapat 23 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan 5 mahasisws dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sebagaimana yang dipaparkan, sasaran dari program ini ialah membantu daerah - daerah terpencil yang membutuhkan tenaga pendidik.

Kemudian dilanjutkan oleh Wakil Dekan 3 bagian Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Sastra dan Budaya, bapak Jafar Lantowa. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa harus dilibatkan dalam beberapa program penelitian dan pengembangan akreditasi. Beliau pula berharap mahasiswa dapat dipacu untuk mampu menulis dan meneliti. Untuk mewujudkan hal ini, beliau mengungkapkan bahwa terdapat 12 kelompok penelitian khusus mahasiswa yang telah disiapkan Fakultas untuk mahasiswa yang siap untuk meneliti. Luaran wajib yang hendak dicapai yakni, jurnal, prosiding dan seminar. Lalu untuk mengisi pengabdian mahasiswa, Fakultas membuka program pembinaan desa khusus ormawa. Ada sebanyak 5 desa yang akan dibina dan dan Fakultas siap untuk mendukung segenap usaha mahasiswa untuk dapat mewujudkan hal ini.

Wakil dekan 2 bagian Administrasi Umum, Keuangan, dan Kepegawaian Fakultas Sastra dan Budaya, ibu Rosma Kadir menjadi pembicara penutup pada rapat hari ini. Beliau memaparkan terkait tata kelola anggaran yang ada di Fakultas Sastra dan Budaya. Beliau memohon kerja sama untuk dapat bersinergi dalam mewujudkan cita - cita Fakultas Sastra dan Budaya. Setiap jurusan diharapkan untuk dapat mematangkan terkait kontrak kinerja berbasis IKU.

Agenda

15 Januari 2021

RAPAT KERJA IKA FSB

Pembahasan IKA FSB

17 Juli 2020

Webinar Pariwisata FSB

" Magang di industri sebagai implementasi konsep merdeka belajar "

17 Juli 2020

Workshop Virtual

Sastra profetik dan teknik menulis kreatif, produktif, dan best seller

16 Juli 2020

REUNI AKBAR DAN PEMBENTUKAN IKATAN ALUMNI

Optimalisasi peran alumni bagi perkembangan Fakultas Sastra dan Budaya - UNG