Mahasiswa Fakultas Sastra & Budaya Formulasikan Strategi untuk kembangkan Wisata Religi Bongo

Oleh: Moh. Kadhapy . 1 September 2021 . 20:20:19

 

Tim SENMA FSB Melaksanakan Launching & Sosialisasi Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa. Kegiatan Dilaksanakan di Desa Bongo, pada hari Rabu, 1 September 2021. Kegiatan ini mengangkat Tema "Pengembangan Potensi Wisata Religi Berbasis Kearifan Lokal dan Teknologi Informasi di Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo" dihadiri oleh Wakil Rektor 3 UNG, Ibu Professor Karmila Machmud, M.A., Ph.D. Kehadiran beliau disambut dengan "Tarian Longgo" yang menjadi salah satu tarian adat Gorontalo yang dilakukan untuk menyambut tamu pada sebuah acara atau kegiatan.

Kegiatan diawali dengan Laporan dari ketua Tim PHPPD SENMA FSB, Elmawati Jaya. Dekan Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo, Ibu Professor Nonny Bassalama menyampaikan sambutannya dengan menekankan pada tujuan dari pelaksanaan program PHHPD yang dimana lebih mengedepankan pengembangan dan pemberdayaan desa. Lalu beliau berharap kerja sama baik dari pihak Pemerintah Desa, Masyarakat, dan para Mahasiswa yang mewakili Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo.

Kemudian Wakil Rektor 3 Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Gorontalo, Ibu Professor Karmila Machmud, M.A., Ph.D., menyampaikan kepada masyarakat bahwa program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa tersebut bermuara pada mengangkat potensi wisata yang ada di desa Bongo. Melalui sambutannya beliau juga mengatakan bahwa hal yang dapat membantu mengangkat Wisata Religius Bubohu ini dengan bantuan teknologi yang saat ini sangat berperan penting dalam kehidupan di masyarakat.

Sebagai "Digital Native" tentu para mahasiswa ini telah memikirkan ide - ide brilian dalam mewujudkan cita - cita mereka untuk mengembangkan potensi wisata di desa tersebut. Prof. Karmila juga menambahkan bahwa 2 substansi yang menjadi fokus yang akan dilaksanakan dalam mengembangkan potensi wisata tersebut ialah Kearifan Lokal dan Teknologi. Hal ini dianggap sebuah perpaduan ynag luar biasa antara hal yang dianggap "Tua" dan sangat "Unik" dan Teknologi yang berbau modernisasi.

"Kearifan Lokal perlu dilestarikan dan harus dikenalkan ke nasional bahkan ke tingkat internasional. Kearifan lokal juga menjadi satu hal yang berharga apabila kita mampu mempromosikannya hingga ke manca negara. Sehingga peran teknologi sangat dibutuhkan dalam mewujudkan ini" tutup Prof. Karmila Machmud.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.