Mahasiswa FSB terpilih menjadi Pemakalah Seminar Internasional

Oleh: Moh. Kadhapy . 23 Agustus 2021 . 11:16:51

Mahasiswa dan beberapa Dosen Fakultas Sastra dan Budaya terpilih menjadi pemakalah dalam Seminar Internasional Bahasa dan Sastra Daerah (Sinar Bahtera) yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah pada Selasa—Kamis, 24—26 Agustus 2021, di Aula Hotel Bahalap, Jalan R.T.A. Milono Km. 2, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Dosen - dosen yang berkesempatan untuk mempresentasikan karya mereka ialah ibu Sitti Rachmi Massie, ibu Rosma Kadir, pak Jafar Lantowa dan ibu Fatmah AR. Umar.

Ibu Dr. Siti Rachmi Massie mempresentasikan Abstrak Makalahnya yang berjudul “Writing Children Stories Based on The Growth Mindset Approach as A School Literacy Culture Reinforcer”. Kemudian ibu Rosma Kadir, MA juga menjabarkan karya Abstrak Makalah yang telah ia buat, judul dari Abstrak Makalah tersebut yakni “Comparism of Folklore Between Bawang Merah and Bawang Putih, Cinderella and Si Cantik Vasilisa”. Lalu pak Jafar Lantowa M.A, menjelaskan isi dari Abstrak Makalahnya dihadapan seluruh peserta yang hadir, Abstrak Makalah yang pak Jafar Lantowa jabarkan ialah "The Morphology of The Gorontalo Folklore PERANG PANIPI: A Study of Validimir Propp's Narratology”. Terakhir Ibu Dr. Fatam AR. Umar menjelaskan Abstrak Makalahnya yang berjudul "The Existence of the Suwawa Language in The Enormity of Modernization and Multiculturalism". Makalah Yang telah dipresentasikan pada kegiatan ini telah melalui beberapa tahapan yang panjang dan para dosen tersebut telah meluangkan upaya maksimal untuk dapat terterima sebagai pemakalah dalam seminar tersebut. Setelah dipresentasikan, makalah tersebut akan diseleksi untuk dimasukkan kedalam jurnal Internasional berindex scopus dan beberapa jurnal internasional lainnya.

Hal yang sangat luar biasa ialah, terdapat salah satu mahasiswa Fakultas dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo yang berhasil dipercayakan untuk mempresentasikan karya tulisnya dalam seminar tersebut. Mahasiswa tersebut adalah Umar Kasim, mahasiswa semester VII di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya. Abstrak Makalah yang dipresentasikan yaitu “Narrative Structure of Gorontalo Folklore BAPAK TUA”. Umar juga merupakan mahasiswa yang sangat berprestasi di Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Lembaga Dakwah Fakultas Al-Faruq dan beberapa bulan lalu ia telah menjuarai beberapa cabang lomba di MTQ tingkat Universitas dan siap untuk berkompetisi di Nasional. Selain Itu, Umar juga lolos didanai hibah Program Kreativitas Mahasiswa sebagai ketua dalam program pelatihan masker inovatif ABC bagi eks pedagang kantin sekolah.

Dengan kesempatan ini, Umar menambah catatan prestasi mahasiswa Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo dan tentu hal ini menjadi kebanggaan bagi seluruh civitas yang ada di Fakultas Sastra Dan Budaya terlebih khusus pak Jafar Lantowa MA selaku Wakil Dekan 3 bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Sastra dan Budaya. Beliau menyampaikan bahwa hal ini wajib untuk menjadi dorongan dan motivasi untuk mahasiswa yang lain agar terus mengukir prestasi.

"Mahasiswa harus bisa melihat peluang dan memanfaatkannya menjadi sebuah prestasi. Mahasiswa juga diharapkan untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan cita - cita Fakultas yakni menjadi Unggul dan Berdaya saing. Hal yang harus mahasiswa tempu ialah dengan terus mengukir prestasi baik di tingkat regional, Nasional, dan Internasional" kata pak Jafar.

"Saya juga berharap, dengan ini mahasiswa lain baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama dapat terdorong dan termotivasi untuk terus mempersembahkan prestasi mereka. Hal ini juga dibutuhkan untuk penunjang akreditasi di Fakultas Sastra dan Budaya" tutupnya.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.