Mahasiswa harus menjadi penulis sekaligus peneliti handal

Oleh: Moh. Kadhapy . 15 Januari 2021 . 15:44:48

 

Jurusan Bahasa Inggris UNG melakukan ujian seminar proposal dan hasil pada hari jumat tanggal 15 januari 2021. Terdapat 9 peserta yang mengikuti ujian ini, diantaranya ada 5 orang melakukan ujian proposal dan 4 orang melakukan ujian hasil.

Ujian ini dilaksanakan sebagaimana tuntutan kuliah yakni menjadi tugas akhir mahasiswa untuk dapat menggapai gelar sarjana. Terlihat wajah - wajah bahagia yang dilontarkan oleh para peserta ujian di hari itu. Mereka seakan telah melewati api dan bara yang amat panas. Begitupun para kerabat mereka yang hadir saat itu, kebahagiaan, canda dan tawa telah memenuhi gedung Pendidikan Bahasa Inggris saat itu. Disaat yang bersamaan, mereka saling merapalkan doa - doa penuh harap agar yang lainnya juga dapat merasakan bahagia yang serupa.

Momentum ujian bukan hanya sebatas syarat untuk penuntasan perkuliahan namun juga harus digunakan juga sebagai media untuk menanamkan sikap - sikap tanggung jawab mereka dalam melakukan sesuatu, ungkap Jefriyanto Saud selaku dosen penguji.

Pada saat yang bersamaan, beliau memberikan tanggapan bahwa mahasiswa jangan hanya menjadi seorang buruh skripsi yang hanya mengutamakan keberhasilan skripsinya agar bisa wisuda. Mahasiswa harus menjadi penulis ilmiah bahkan peneliti yang handal. Beliau mengganggap bahwa akan sia - sia seluruh pengorbanan seorang mahasiswa apabila ia mengakhiri kegiatan menulis dan menelitinya pada penulisan skripsi.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.