Mahasiswa harus menjadi penulis sekaligus peneliti handal

Oleh: Moh. Kadhapy . 15 Januari 2021 . 15:44:48

 

Jurusan Bahasa Inggris UNG melakukan ujian seminar proposal dan hasil pada hari jumat tanggal 15 januari 2021. Terdapat 9 peserta yang mengikuti ujian ini, diantaranya ada 5 orang melakukan ujian proposal dan 4 orang melakukan ujian hasil.

Ujian ini dilaksanakan sebagaimana tuntutan kuliah yakni menjadi tugas akhir mahasiswa untuk dapat menggapai gelar sarjana. Terlihat wajah - wajah bahagia yang dilontarkan oleh para peserta ujian di hari itu. Mereka seakan telah melewati api dan bara yang amat panas. Begitupun para kerabat mereka yang hadir saat itu, kebahagiaan, canda dan tawa telah memenuhi gedung Pendidikan Bahasa Inggris saat itu. Disaat yang bersamaan, mereka saling merapalkan doa - doa penuh harap agar yang lainnya juga dapat merasakan bahagia yang serupa.

Momentum ujian bukan hanya sebatas syarat untuk penuntasan perkuliahan namun juga harus digunakan juga sebagai media untuk menanamkan sikap - sikap tanggung jawab mereka dalam melakukan sesuatu, ungkap Jefriyanto Saud selaku dosen penguji.

Pada saat yang bersamaan, beliau memberikan tanggapan bahwa mahasiswa jangan hanya menjadi seorang buruh skripsi yang hanya mengutamakan keberhasilan skripsinya agar bisa wisuda. Mahasiswa harus menjadi penulis ilmiah bahkan peneliti yang handal. Beliau mengganggap bahwa akan sia - sia seluruh pengorbanan seorang mahasiswa apabila ia mengakhiri kegiatan menulis dan menelitinya pada penulisan skripsi.

Agenda

15 Januari 2021

RAPAT KERJA IKA FSB

Pembahasan IKA FSB

17 Juli 2020

Webinar Pariwisata FSB

" Magang di industri sebagai implementasi konsep merdeka belajar "

17 Juli 2020

Workshop Virtual

Sastra profetik dan teknik menulis kreatif, produktif, dan best seller

16 Juli 2020

REUNI AKBAR DAN PEMBENTUKAN IKATAN ALUMNI

Optimalisasi peran alumni bagi perkembangan Fakultas Sastra dan Budaya - UNG