Talk Show Kemerdekaan oleh HMJ Bahasa Inggris

Oleh: Moh. Kadhapy . 27 Agustus 2020 . 15:10:19

Gorontalo-Himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) bahasa inggris telah mengadakan kegiatan talk show kemerdekaan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang telah berumur 75 tahun, yang mengusung tema “Indonesia merdeka, namun tidak untuk rakyatmu. Ada apa dengan negeriku ??“. Dengan menghadirkan 3 orang narasumber dari sudut pandang yang berbeda. Yakni Dr. Rahman T. Dako, S.s, M. Hum ( Dosen linguistik Bahasa Inggris UNG), Sri Rahmawati Djula selaku Wakil Presiden BEM UNG 2020 dan Ummul Uttiah Turrahmah selaku ketua Pers Merah Maron.

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Inggris, Sri Ayu, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa telah kita ketahui indonesia merdeka dengan umur yang sudah tua yaitu 75 tahun.  Seluruh elit jabatan pemerintahan telah memikirkan rencana bagaimana rakyat indonesia kedepannya. Tetapi dalam kemerdekaan yang ke-75 ini apakah rakyatnya sudah benar-benar merdeka, itu yang perlu kita pertanyakan. Karena dalam berbagai spesifik masyarakat menganggap kemerdekaan dengan berbeda-beda. Sehingga kami HMJ Pendidikan Bahasa Inggris berinisiatif dan mengupas secara tuntas kemerdekaan dari segi linguistik serta dirangkaikan dari segi merdeka dalam berpendapat di sosial media ataupun secara langsung dan bagaimana perspektif hukum menanggapi itu, pungkasnya.

Menurut Megi Sepriyanti Gobel, selaku ketua panitia “kegiatan ini bertujuan untuk mendedikasi dan memperoleh semangat juang yang luar biasa dalam membangun negara  yang kita cintai ini melalui kegiatan- kegiatan yang berkualitas seperti ini “. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa 25 Agustus pukul 16.00 WITA yang berlokasi di level up bistro dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan ini dilaksanakan secara live streaming di halaman Instagram dan Facebook dari HMJ Bahasa Inggris, sehingga tidak mengumpulkan orang banyak.

“ Merdeka itu bebas, tidak terbelenggu dan memiliki kekuatan untuk menentukan arah langkah dan tujuan hidup “ jawaban dari bapak Rahman ketika ditanyakan tentang apa arti merdeka menurut beliau.  Tema yang di hadirkan pada talk show pada kali ini memang terdengar cukup mudah untuk di bahas akan tetapi mempunyai makna yang sangat besar pada masa sekarang ini. Apa lagi ditambah dengan tema- tema yang lebih di rincikan sesuai latar belakang dari para pemateri.

Kegiatan yang telah dilakukan oleh HMJ pada kali ini bukan hanya semata mata sekedar memeriahkan ulang tahun Indonesia saja ataupun hanya menambah eksistensi dari HMJ itu sendiri, tetapi memaknai arti kemerdekaan yang sesungguhnya pada era modern sekarang ini.

Dengan adanya acara talk show spesial keemerdekaan  yang dilaksanakan oleh HMJ Bahasa Inggris dan dipandu oleh dua moderator Andre Niode & Siti Destian A. Dama bisa menjadi sarana informasi berdiskusi dan bertukar pikiran dengan pendapat yang berbeda mengenai tema yang diangkat. Dengan demikian acara seperti ini bisa lebih continue dilaksanakan guna mengundang rasa keingintahuan mengenai suatu masalah yang bisa diangkat sebagai tema pada acara talk show selanjutnya.

Agenda

17 Juli 2020

Webinar Pariwisata FSB

" Magang di industri sebagai implementasi konsep merdeka belajar "

17 Juli 2020

Workshop Virtual

Sastra profetik dan teknik menulis kreatif, produktif, dan best seller

16 Juli 2020

REUNI AKBAR DAN PEMBENTUKAN IKATAN ALUMNI

Optimalisasi peran alumni bagi perkembangan Fakultas Sastra dan Budaya - UNG

26 - 31 Januari 2020

English Championship

kegiatan tahunan di jurusan bahasa inggris