148 Mahasiswa ELESP 2025 Ikuti Placement Test IC, Oleh: Dr. Dewi Dama, S.Pd., M.Ed

fsb.ung.ac.idGorontalo – Sebanyak 148 mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (ELESP) Tahun 2025 mengikuti Placement Test dengan menggunakan British Council Online Test. Uji kemampuan bahasa Inggris ini berlangsung pada Rabu, 20 Agustus 2025, pukul 08.00–09.00 Wita di ruang kelas lantai 3 Gedung Fakultas Sastra dan Budaya (FSB).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rapat jurusan bersama Tim Pengajar The Intensive Course (IC) 2025 yang sebelumnya digelar pada Kamis, 15 Agustus 2025.

Setelah pelaksanaan Placement Test, Dr. Dewi Dama, S.Pd., M.Ed selaku Kepala Sekolah IC 2025 memaparkan poin-poin penting mengenai mata kuliah IC. Selama satu semester penuh, mahasiswa akan mendalami 16 topik menarik yang terbagi dalam sejumlah sub-unit pembelajaran.

Selain materi, mahasiswa juga ditantang untuk menyusun dan menghasilkan proyek pembelajaran berbasis kerja sama kelompok. Seluruh proses ini akan didampingi oleh 22 dosen Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya yang berpengalaman karena telah lebih dari satu dekade mengelola perkuliahan IC.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Maghvirah W. Kau, S.Pd., M.Pd., menyampaikan apresiasi sekaligus dukungan kepada Kepala Sekolah IC dan seluruh tim pengajar. Ia turut hadir memantau jalannya tes bersama Sekretaris Jurusan, Haris Danial, S.Pd., M.A., yang bertindak langsung memimpin pelaksanaan tes. Kehadiran pimpinan jurusan menegaskan komitmen lembaga dalam memastikan mutu penyelenggaraan IC.

Dalam arahannya, Haris memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mempersiapkan mental dan strategi belajar selama mengikuti IC. Sebagai mata kuliah dengan beban 10 SKS, IC memegang peranan penting dalam menentukan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa.

Oleh karena itu, mahasiswa didorong untuk fokus belajar serta memanfaatkan kesempatan konsultasi dengan tim pengajar apabila menghadapi kendala. Dukungan penuh dari jurusan dan fakultas diharapkan dapat membantu mahasiswa melewati proses pembelajaran IC dengan hasil terbaik.