Tingkatkan Kolaborasi Literasi Menulis dan Membaca Serta Pelestarian Budaya Lokal, Dosen dan Mahasiswa PBI Laksanakan Pengabdian Masyarakat

fsb.ung.ac.idGorontalo – Kegiatan pengabdian terpadu ini berjudul “Kolaborasi Literasi Menulis dan Membaca serta Pelestarian Budaya Lokal”. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas proyek akhir semester mata kuliah Writing for Professional Contexts yang dilaksanakan di SDN 5 Suwawa Bone Bolango.

Ketua tim pengabdian kolaborasi, Dr. Dewi Dama, S.Pd., M.Ed mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengintegrasikan literasi menulis dan membaca dengan upaya pelestarian budaya lokal, serta memberikan pengalaman praktis yang bermanfaat baik bagi siswa maupun masyarakat setempat.

“Literasi menulis dan membaca adalah keterampilan dasar yang sangat penting dalam pendidikan dasar, namun sering kali, pengajaran keterampilan ini kurang terhubung dengan konteks budaya lokal. Di kawasan Teluk Tomini, pelestarian budaya lokal menghadapi tantangan besar akibat modernisasi dan globalisasi”

“Oleh karena itu, penting untuk merancang kegiatan yang tidak hanya meningkatkan literasi siswa tetapi juga memperkenalkan dan mempromosikan warisan budaya lokal mereka,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui metode pembelajaran yang menyenangkan dan relevan dengan budaya lokal mereka. Dengan menggabungkan literasi menulis dan membaca dengan elemen budaya lokal, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan menghargai warisan budaya mereka sambil mengembangkan keterampilan literasi yang kuat.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pelestarian budaya lokal melalui keterlibatan aktif siswa dalam proyek-proyek kreatif. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi para peserta didik untuk belajar dengan hati senang dan nyaman melalui pembelajaran yang menyenangkan”

“Dengan demikian siswa dapat termotivasi untuk tertarik belajar dan mempraktikkan pengetahuan bahasa Inggris mereka dalam aktivitas sehari-hari,” jelasnya.

Loading