Pengabdian Masyarakat Penguatan Peningkatan Level Literasi bagi Kawula Muda

fsb.ung.ac.idGorontalo – Mahasiswa dan dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (FSB UNG) melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat dengan tema Penguatan Peningkatan Level Literasi Kawula Muda di Kawasan Teluk Tomini.

Dr. Dewi Dama, S.Pd., M.Ed mengatakan, kegiatan ini sebagai tugas akhir proyek mata kuliah Writing for Professional Contexts yang diampunya bersama Prof. Dra. Nonny Basalama, Ph.D., Zulkifli Tanipu, S.Pd., M.A, Ph.D, dan Dr. Abid, S.S, M.A TESOL yang dilaksanakan di SDN 3 Suwawa Bone Bolango yang diikuti oleh 22 siswa kela V.

“Budaya membaca menjadi akar literasi yang harus ditingkatkan di kalangan masyarakat dalam menambah ilmu dan wawasan, khususnya bagi kawula muda sebagai penerus estafet pembangunan bangsa. Level literasi mahasiswa harus selalu ditingkatkan terutama dalam rangka penguatan pembanguanan di kawasan Teluk Tomini”

“Demikian halnya dengan dosen yang bertugas melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang sangat diharapkan mampu menginspirasi guru mata pelajaran Untuk itu, dosen-dosen yang mengampu mata kuliah Reading for Professional Contexts dan Writing for Professional Contexts bersepakat melakukan sebuah program pengabdian terpadu dosen dan mahasiswa untuk turun ke sekolah-sekolah,” ujar Dewi Dama.

Dewi Dama mengatakan, di sekolah, mahasiswa dapat belajar langsung bagaimana menerapkan pengetahuan yang dimiliki serta beroleh pengalaman memasuki dunia kerja serta menginspirasi para siswa sekolah dasar untuk mengenal budaya bangsa dalam bentuk cerita-cerita rakyat. Disamping mereka meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia, mereka tertarik belajar bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi kawula muda khususnya siswa SD melalui metode pembelajaran yang menyenangkan dan relevan dengan budaya lokal mereka. Dengan menggabungkan literasi menulis dan membaca dengan elemen budaya lokal, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan menghargai warisan budaya mereka sambil mengembangkan keterampilan literasi yang kuat.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pelestarian budaya lokal melalui keterlibatan aktif siswa dalam proyek-proyek kreatif. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian di SDN 3 Suwawa, dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan ini dapat terpenuhi dimana para siswa sangat antusias belajar Bahasa Inggris”

“Mereka dapat memenuhi kriteria penilaian yang ditetapkan dosen. Tugas-tugas yang diberikan oleh dosen dapat diselesaikan dengan baik dan mereka mendapat penguatan atas pencapaian belajarnya,” pungkasnya.

Loading