Jelang PKKMB 2024 Tingkat Fakultas, FSB UNG Laksanakan Rapat

fsb.ung.ac.id, Gorontalo – Dalam rangka menyambut mahasiswa baru melalui kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2024, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (FSB UNG) melaksanakan rapat persiapan yang berlangsung di Ruang Saronde Lantai 1 FSB UNG, Jumat (09/08/2024).

Rapat PKKMB dihadiri oleh dekan, para wakil dekan, para pimpinan jurusan, dan ketua panitia PKKMB FSB UNG 2024 yakni Yunus Dama, S.Pd, M.Pd dan Sekretarisnya Rahmawati Ohi, S.Pd, M.Pd, serta panitia PKKMB 2024 yang terdiri dari dosen, tendik dan mahasiswa.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FSB UNG Dr. Herson Kadir, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, PKKMB 2024 di tingkat fakultas akan berlangsung pada tanggal 15-16 Agustus 2024 mendatang dan akan diikuti oleh mahasiswa baru (maba) FSB yang berjumlah 269 orang yang terdiri dari maba Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia berjumlah 103 orang, maba Jurusan Bahasa Inggris 125 orang, sedangkan maba untuk Jurusan Sendratasik berjumlah 41 orang.

“Kegiatan akan dimulai dari jam 7 pagi dan berakhir jam 4, mahasiswa baru sudah dipulangkan atau dibubarkan pada pukul 16:30 itu semuanya sudah selesai. Jadi yang perlu kami tekankan, Insya Allah berbagai macam kegiatan yang akan disampaikan oleh Ormawa nanti usahakan kegiatan-kegiatan yang memang bermanfaat yang memang mereka butuhkan untuk mereka kenal, namanya juga pengenalan kehidupan kampus”

“Beri mereka muatan dan materi-materi yang memang mereka butuhkan untuk mereka ketahui. Kemudian untuk pakaiannya seperti biasa yakni hitam putih dan menggunakan sepatu, nanti ada juga disampaikan di dalam juknisnya,” ucap Herson.

Herson mengatakan, khusus untuk perempuan agar memakai rok panjang baik yang muslim maupun nonmuslim dan dilapisi dengan celana legging panjang untuk mengantisipasi misalnya ada maba yang pingsan, khususnya kaum perempuan.

“Yang berikut informasi yang perlu disampaikan adalah, kegiatan ini tidak ada konsumsi untuk peserta, jadi mereka membawa bekal masing-masing. Tetapi kalo ada senior-senior yang ingin membuka lapak untuk menjual makanan, itu tidak ada masalah, kan lapak bukan termasuk pungutan, karena ada transaksi jual beli, itu dibolehkan”

“Dan yang perlu dipertimbangkan juga, pada hari jumat hari kedua itu mereka sudah di HMJ yaitu sudah di jurusan, nanti bapak ibu kajur akan memberikan materi dan lain sebagainya dan memperkenalkan semua yang ada di prodinya, termasuk berbagai macam keunggulan dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan prodi dan jurusan sampai ke tingkat ormawa,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan FSB UNG, Prof. Dr. Nonny Basalama, M.A., Ph.D dalam sambutannya menekankan bahwa untuk memaksimalkan acaranya, karena mengingat pada hari kedua PKKMB ini adalah bertepatan dengan hari Jumat, untuk kaum laki-laki muslim wajib melaksanakan sholat jumat bersama di Masjid terdekat.

“Insya Allah PKKMB FSB ini akan siap kita laksanakan dan Insya Allah akan berjalan secara harmonis dan romantis, tidak ada kekerasan fisik dan berjalan lancar, sukses dan aman. Karena yang kita terima ini adalah adik-adik kita. Kita perlakukan mereka secara humanis sesuai dengan motto kita yang ada di Fakultas Sastra dan Budaya”

“Mereka kita akan berikan pelayanan yang terbaik, tetapi dengan catatan mereka juga harus disiplin. Senior juga harus tegas tetapi bukan berarti keras, artinya ini untuk melatih mental mereka agar tidak manja di FSB”

“Silahkan anda tegas tapi tidak boleh ada hukuman-hukuman yang berkaitan dengan kekerasan fisik. Mari kita laksanakan PKKMB FSB ini sesuai aturan dan sesuai dengan regulasi yang berlaku, sehingga kita juga akan sukses di dalam melaksanakan kegiatan PKKMB tahun ini,” pungkasnya.

Loading