Dosen dan Mahasiswa PBI Laksanakan Pengabdian Masyarakat Peningkatan Kolaborasi Literasi Membaca dan Menulis di Kawasan Teluk Tomini

fsb.ung.ac.idGorontalo – Dosen dan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (FSB UNG) melaksanakan Pengabdian Masyarakat Peningkatan Kolaborasi Literasi Membaca dan Menulis di Kawasan Teluk Tomini.

Kolaborasi kegiatan Pengabdian Terpadu dosen dan mahasiswa adalah salah satu cara untuk membantu mahasiswa mendapat pengalaman belajar yang otentik membacakan cerita-cerita rakyat dalam bahasa Inggris dalam rangka kolaborasi literasi serta pelestarian budaya lokal di kawasan teluk Tomini.

Standar pendidikan Abad 21 membawa perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam rangka memenuhi amanat pendidikan nasional yakni membentuk manusia yang memiliki iman dan takwa disamping menguasai sains dan teknologi. Pembelajaran bermakna dan meningkatkan kompotensi High Order Thinking Skills (HOTS) dimana prinsip dan karakteristik pembelajaran berpusat pada mahasiswa (Junaidi dkk, 2020).

Ketua tim pengabdian kolaborasi, Dr. Dewi Dama, S.Pd., M.Ed mengatakan, kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk kualitas dosen dalam upaya mencapai profesionalitas. Bagi mahasiswa, kegiatan pengabdian terkait mata kuliah membantu mereka dalam memahami materi kuliah.

“Namun selain peningkatan kemampuan akademik, para peserta didik (generasi Z) menambah pengalaman belajar dengan pendekatan atau model pembelajaran yang baru dan berbeda (Alammar, 2017) dari apa yang selama ini dialami mereka saat belajar bahasa Inggris di lingkungan kampus”

“Kegiatan mahasiswa berkunjung ke sekolah sedini mungkin adalah salah satu upaya memperkenalkan mereka dengan dunia kerja sebagai calon-calon pendidik serta meningkatkan keterampilan kolaborasi,” ujar Dewi Dama.

Dewi Dama menjelaskan, kegiatan pengabdian dilaksanakan di SDN 5 Tilongkabila dalam dua jam pembelajaran sesuai jadwal mata pelajaran bahasa Inggris. Selama proses pembelajaran, para peserta didik menjadi focus pembelajaran.

“Mereka belajar secara klasikal dipandu oleh mahasiswa. Sedangkan dosen dan guru pamong mendampingi mahasiswa dalam kelas. Para siswa termotivasi untuk belajar dengan berpartisipasi dalam mendengarkan bacaan cerita yang dibacakan oleh mahasiswa”

“Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian di SDN 5 Tilongkabila, dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan ini dapat terpenuhi dimana para siswa sangat antusias belajar Bahasa Inggris. Mereka dapat memenuhi kriteria penilaian yang ditetapkan dosen. Tugas-tugas yang diberikan oleh dosen dapat diselesaikan dengan baik dan mereka mendapat penguatan atas pencapaian belajarnya,” ujarnya.

Loading