Gelar Rapat Senat, FSB UNG Tetapkan Usulan Kenaikan Jabatan Fungsional dan Kepakaran Dosen

Oleh: Novawaty Kansil, S.Pd., M.Pd . 26 Juni 2024 . 14:18:40

fsb.ung.ac.id, Gorontalo - Senat Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar rapat senat dalam rangka membahas dan menetapakan usulan kenaikan jabatan fungsional akademik dan bidang kepakaran dosen FSB UNG, Rabu (26/06/2024).

Rapat senat yang berlangsung di Meeting Room Saronde FSB UNG ini dipimpin langsung oleh Ketua Senat yang juga selaku Dekan Fakultas Sastra dan Budaya UNG, Prof. Nonny Basalama, M.A., Ph.D

Prof. Nonny Basalama, M.A., Ph.D dalam sambutannya mengatakan, dari total 23 anggota senat FSB UNG, yang hadir sebanyak 22 orang dan 1 orang ijin karena sedang melaksanakan tugas dinas di waktu yang bersamaan.

“Kenaikan pangkat atau ke jenjang jabatan fungsional akademik yang lebih tinggi ini merupakan suatu bentuk pembinaan bagi karir dosen,” ujar Prof. Nonny.

Prof. Nonny mengatakan, kenaikan pangkat bagi dosen maupun bagi tenaga kependidikan harus dipermudah. Ia menekankan agar membantu kenaikan pangkat bagi dosen yang selama ini mengalami stagnasi atau keterlambatan.

“Rapat senat ini selain membahas kenaikan pangkat dosen, juga membahas pemetaan kepakaran atau mata kuliah keahlian dari para dosen. Pentingnya pemetaan kepakaran ini menunjukkan komitmen kita dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Fakultas Sastra dan Budaya,” ujarnya.

Baca juga: Dekan Prof. Nonny Basalama Kukuhkan Lulusan Sarjana/D3 FSB UNG Periode Juni 2024

Sementara itu, Sekretaris Senat yang juga Wakil Dekan 2 Bidang Keuangan dan Administrasi FSB UNG, Zulkifli Tanipu, S.Pd, M.A., Ph.D menjelaskan, rapat senat ini menyetujui dan merekomendasikan kenaikan jabatan fungsional kepada Dr. Ellyana Hinta, M.Hum yang diusulkan sebagai Guru Besar bidang antropo-linguistik dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Selanjutnya, Dr. Asna Ntelu, M.Hum diusulkan sebagai Guru Besar bidang Semantik Bahasa Indonesia, kemudian Wa Ode Irawati, S.Pd., M.Pd diusulkan sebagai Lektor bidang Pembelajaran Membaca, dan La Ode Gusman Nasiru, S.P.d, M.A. diusulkan sebagai Lektor bidang Kajian Sastra dan Budaya (Kritik Sastra),” ungkap Zulkifli Tanipu.

Zulkifli Tanipu mengatakan, dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang diusulkan sebagai Guru Besar bidang Socio-Pragmatik adalah Dr, Syarifudin Achmad, M.Pd, sedangkan Dr. Magdalena Baga, S.S., M.Si diusulkan sebagai Lektor Kepala Bidang Kajian Sastra dan Budaya.

“Rapat senat akademik ini sebagai bagian dari upaya fakultas dalam membentuk talent pool dosen sesuai dengan kepakaran masing-masing guna mendorong kinerja Tridharma Perguruan Tinggi dan meningkatkan kualitas SDM di FSB UNG menuju PTN BH,” pungkasnya.

Agenda

10 Juli 2024

Benchmarking Penerapan Zona Integritas WBK-WBBM di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan

Tempat: Fakultas Keperawatan USU

8 Juli 2024

Pertemuan Asosiasi Fakultas Bahasa dan Seni LPTK 2024 di Medan Sumatera Utara

Tanggal 09-14 Juli 2024

4 Juli 2024

Rapat Evaluasi IKU Triwulan II dan Rencana Capaian IKU Triwulan III

Tempat: Ruang Saronde Lt.1 FSB

28 Juni 2024

Workshop Peningkatan Kerja Sama UNG Tahun 2024

Tempat: Hotel Fox Kota Gorontalo