Monitor Capaian Kinerja, FSB UNG Gelar Rapat Evaluasi IKU Triwulan II dan Target Capaian IKU Triwulan III

Oleh: Novawaty Kansil, S.Pd., M.Pd . 4 Juli 2024 . 14:53:30

fsb.ung.ac.idGorontalo – Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar rapat dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaporan Indikator Kinerja Utama (IKU) Triwulan II dan target pencapaian IKU Triwulan III, Kamis (08/07/2024), di Ruang Saronde Lt.1 FSB.

Rapat ini dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua Unit Kerja Perencanaan dan Pengembangan, Pemeringkatan, Kehumasan, dan Kerjasama, Kepala Bagian Tata Usaha, Pengelola Data Jurusan, dan Operator Sikerma yang ada di lingkungan FSB UNG.

Wakil Dekan II Bidang Keuangan dan Administrasi FSB UNG, Zulkifli Tanipu, S.Pd, M.A., Ph.D mengatakan, agenda rapat hari ini adalah evaluasi capaian IKU Triwulan II tahun 2024, dan menyiapkan strategi-strategi tertentu guna mengantisipasi target pencapaian pelaporan IKU III nanti.

“Selain itu, yang menjadi fokus pembahasan antara lain, pembahasan program per indikator IKU triwulan III 2024, optimalisasi peran IKA Alumni FSB melalui WD III untuk tracer study IKU 1, optimalisasi sistem pelaporan terintegrasi kegiatan dan karya dosen untuk IKU 3 dan 5, kerja sama antar Fakultas Bahasa dan Seni LPTK se Indonesia untuk optimalisasi IKU 6, dan optimalisasi sistem perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran untuk IKU 7,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wakil Dekan I Bidang Akademik FSB UNG, Dr. Salam, S.Pd, M.Pd menambahkan, khusus untuk IKU 7 akan ada pemantapan melalui kegiatan workshop kurikulum FSB dan optimalisasi peran Penjaminan Mutu FSB untuk pengawalan kualitas pembelajaran.

“Workshop ini Insya Allah akan dilaksanakan sebelum proses perkuliahan semester Ganjil 2024/2025 dimulai, dan akan menghadirkan narasumber dari dalam maupun luar UNG. Kami berharap seluruh dosen FSB dapat mengikuti kegiatan ini, sehingga bukan hanya capaian IKU yang diperoleh namun juga implementasi dari pembelajaran dapat terlaksana dengan baik,” tambahnya.

Baca juga: PAPAKU SEORANG TUKANG JAHIT, Oleh Dr. Dewi Dama, S.Pd, M.Ed

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FSB UNG, Dr. Herson Kadir, S.Pd, M.Pd menyampaikan terkait dengan IKU 6 tentang strategi pencapaian kinerja kerja sama di Fakultas Sastra dan Budaya.

“Kerja sama ini menjadi penting dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU 6) dengan memperhatikan tata naskah dinas dan aturan yang berlaku. Hal lain yang juga penting diperhatikan di dalam kerja sama adalah ruang lingkup kerja sama, jangka waktu kerja sama, hak dan kewajiban dari kedua belah pihak, kapan waktu penandatanganan kerja sama dan yang paling penting, dokumen kerja sama ini tidak dapat ditandatangani oleh sembarang orang dan atas nama pribadi, tetapi hanya boleh dilakukan oleh pejabat berwenang,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan FSB UNG, Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D menekankan, bahwa memasuki pelaporan triwulan III ini, kita harus betul-betul mrncermati dan mengukur ketercapaian program-program kerja dari fakultas dan mengejar bagian-bagian yang belum terpenuhi”

 “Pengisian capaian IKU ini bukan hanya sekedar untuk pemenuhan administrasi, tetapi juga sebagai langkah nyata kita dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan daya saing lulusan Fakultas Sastra dan Budaya di tingkat nasional maupun internasional”

“Terima kasih kepada para wakil dekan I, II, dan III, ketua dan sekretaris jurusan, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan serta seluruh elemen tim IKU dan semua pihak yang penuh semangat untuk merencanakan dan mengembangkan kegiatan demi mewujudkan ketercapaian dari 8 Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi,’ ujarnya.

Agenda

10 Juli 2024

Benchmarking Penerapan Zona Integritas WBK-WBBM di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan

Tempat: Fakultas Keperawatan USU

8 Juli 2024

Pertemuan Asosiasi Fakultas Bahasa dan Seni LPTK 2024 di Medan Sumatera Utara

Tanggal 09-14 Juli 2024

4 Juli 2024

Rapat Evaluasi IKU Triwulan II dan Rencana Capaian IKU Triwulan III

Tempat: Ruang Saronde Lt.1 FSB

28 Juni 2024

Workshop Peningkatan Kerja Sama UNG Tahun 2024

Tempat: Hotel Fox Kota Gorontalo