Pelatihan Media Pembelajaran Digital oleh Mahasiswa UNG Di SMPN 11 Gorontalo

fsb.ung.ac.idGorontalo – Untuk menghadapi tantangan pembelajaran abad 21, para guru di SMP Negeri 11 Gorontalo mengikuti bimbingan teknis (BIMTEK) pemanfaatan media digital sebagai alat evaluasi pembelajaran, bertempat di ruang Laboratorium Komputer SMP Negeri 11 Gorontalo.

Kegiatan ini digagas oleh tim dari Universitas Negeri Gorontalo dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan platform digital seperti Nearpod, Panquiz, dan Socrative sebagai sarana evaluasi hasil belajar siswa.

Kegiatan BIMTEK dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah, L.M Zulkarnain, S.Pd, yang menyampaikan terima kasih kepada tim pelaksana atas ilmunya kepada para guru. Ketua tim, Dr. Herman Didipu, S.Pd., M.Pd., memaparkan pentingnya peran teknologi dalam pembelajaran modern.

Ia menekankan bahwa pemanfaatan media digital tak hanya memudahkan proses pengajaran, tapi juga sangat efektif untuk menilai capaian pembelajaran siswa secara lebih efisien dan interaktif.

Pelatihan tidak hanya berlangsung satu arah. Dalam sesi praktik, para guru melakukan simulasi langsung penggunaan Nearpod, Panquiz, dan Socrative, serta dijelaskan beragam fitur seperti pembuatan kuis, polling, hingga aktivitas kolaboratif yang menumbuhkan partisipasi siswa. Para peserta juga antusias bertanya tentang penggunaan media secara offline, solusi akses internet, hingga fleksibilitas platform untuk berbagai mata pelajaran.

Beberapa kendala sempat dihadapi, antara lain gangguan jaringan, perangkat komputer yang bermasalah, dan masalah pendaftaran email untuk para guru. Namun, pendampingan intensif dari tim pelaksana membuat para guru tetap semangat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Sesi tanya jawab menjadi momen penting untuk memperdalam pemahaman guru terhadap fitur-fitur digital tersebut.

Guru-guru SMP Negeri 11 Gorontalo secara umum menyambut baik media digital yang diperkenalkan dan menilai kehadiran teknologi tersebut sangat membantu mereka dalam mengevaluasi hasil belajar siswa secara cepat dan akurat. Walau masih diperlukan bimbingan lebih lanjut bagi sebagian guru, pelaksanaan BIMTEK kali ini dinilai telah memberi kontribusi besar dalam memperkuat kompetensi digital tenaga pengajar di lingkungan sekolah.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama antara guru, tim pelaksana, dan dosen pendamping, sebagai penanda kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah menengah dalam memajukan pendidikan berbasis teknologi di Gorontalo.