fsb.ung.ac.id, Gorontalo – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (FSB UNG) saat ini tengah melaksanakan kegiatan Program UNG Mengajar di SMP Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Program ini merupakan upaya nyata kampus dalam memfasilitasi mahasiswa untuk memperkuat kompetensi pedagogik dan profesional melalui pengalaman langsung mengajar di sekolah mitra.
Untuk memastikan kualitas pelaksanaan program, dosen pembimbing telah melakukan monitoring ke lokasi kegiatan guna meninjau pelaksanaan pembelajaran dan mendampingi mahasiswa dalam proses refleksi. Selama kunjungan, dosen juga berdialog dengan guru pamong dan kepala sekolah untuk menggali masukan, serta menanyakan perkembangan siswa selama mahasiswa mengajar.
Dalam pelaksanaannya, mahasiswa peserta Program UNG Mengajar menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam mengembangkan pembelajaran bahasa Inggris berbasis lingkungan. Mereka memanfaatkan berbagai elemen di sekitar sekolah sebagai media belajar, seperti memberi label nama tanaman dalam bahasa Inggris serta melakukan penamaan kelas berdasarkan nama-nama kota dari berbagai benua.
Strategi ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih kontekstual dan aplikatif, sehingga siswa lebih mudah memahami materi dan merasa terlibat secara aktif. Pendekatan ini juga dinilai efektif dalam memicu rasa ingin tahu siswa terhadap bahasa Inggris, sekaligus memperkuat hubungan antara pembelajaran dan pengalaman sehari-hari mereka di sekolah.
Lebih lanjut, mahasiswa juga menjalankan program English Club sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran nonformal di luar kelas. Dalam program ini, siswa dilatih untuk mengembangkan empat keterampilan utama berbahasa Inggris yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dengan metode dua keterampilan per hari.
Setiap sesi berlangsung secara interaktif dan menyenangkan, dilengkapi dengan evaluasi rutin untuk mengukur pemahaman siswa. Menariknya, siswa yang menunjukkan kemampuan baik diberi kesempatan untuk menjadi tutor sebaya, sehingga terjadi proses belajar yang kolaboratif dan memberdayakan satu sama lain dalam lingkungan kelas.
Pelaksanaan Program UNG Mengajar ini memberikan manfaat besar baik bagi siswa maupun mahasiswa. Siswa mendapatkan pengalaman belajar bahasa Inggris yang lebih variatif, menarik, dan relevan dengan kehidupan mereka, sementara mahasiswa memperoleh kesempatan berharga untuk mengasah kemampuan mengajar, komunikasi, dan adaptasi di dunia pendidikan nyata.
Melalui program ini, Universitas Negeri Gorontalo tidak hanya menanamkan kompetensi akademik, tetapi juga menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan inovasi dalam diri calon pendidik masa depan. (Nurlaila Husain, S.S., M.Pd)
Penulis adalah Dosen Tetap Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo..