Oleh: Zulkifli Tanipu, M.A.,Ph.D.
fsb.ung.ac.id, Gorontalo – Gangguan bahasa merupakan salah satu fokus penting dalam psikolinguistik. Gangguan ini mencakup kesulitan dalam memahami atau memproduksi bahasa. Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, siswa dengan gangguan bahasa menghadapi tantangan ganda. Mereka tidak hanya kesulitan dalam bahasa ibu, tetapi juga dalam bahasa asing. Psikolinguistik membantu guru memahami fenomena ini secara lebih mendalam.
Jenis gangguan bahasa meliputi afasia, disleksia, dan gagap. Afasia biasanya terjadi akibat kerusakan otak, sedangkan disleksia terkait dengan kesulitan membaca. Gagap muncul sebagai hambatan produksi ujaran. Semua gangguan ini memengaruhi kemampuan siswa belajar bahasa Inggris. Tanpa pemahaman yang tepat, guru dapat salah menafsirkan kesulitan siswa sebagai kurang motivasi.
Psikolinguistik menyediakan pendekatan ilmiah untuk mengidentifikasi dan memahami gangguan ini. Misalnya, siswa dengan disleksia memerlukan strategi khusus dalam membaca bahasa Inggris. Guru dapat menggunakan metode multisensori untuk membantu mereka. Dengan demikian, psikolinguistik tidak hanya menjelaskan teori, tetapi juga memberi solusi praktis. Hal ini sangat penting dalam pembelajaran inklusif.
Gangguan bahasa juga menunjukkan pentingnya memahami keterkaitan bahasa, otak, dan pikiran. Psikolinguistik menegaskan bahwa setiap gangguan bahasa terkait dengan proses mental yang spesifik. Guru yang memahami hal ini dapat memberikan pendekatan lebih manusiawi. Mereka tidak hanya menilai hasil belajar, tetapi juga menghargai proses yang dilalui siswa. Dengan begitu, pendidikan menjadi lebih adil.
Psikolinguistik memberi wawasan penting bagi guru bahasa Inggris dalam menangani siswa dengan gangguan bahasa. Dengan pemahaman ini, guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran. Gangguan bahasa bukan penghalang mutlak, tetapi tantangan yang bisa diatasi dengan strategi tepat. Psikolinguistik membuka jalan bagi pembelajaran yang lebih inklusif. Hal ini sejalan dengan semangat pendidikan untuk semua.
Penulis adalah Dosen Tetap Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo..