Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FSB UNG Menggelar Festival Budaya dan Kuliner Nusantara

Oleh: Moh. Kadhapy . 28 Mei 2024 . 21:33:56

Senin, 27 Mei 2024, menjadi momen istimewa bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (FSB UNG) karena mereka berhasil menyelenggarakan Festival Budaya dan Kuliner Nusantara. Acara yang digelar di Halaman FSB UNG ini mengusung tema yang menarik, yaitu "Savoring The Flavors Of The Phast."

Ketua Panitia, Eka Febrianto, dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk saling mengigatkan dan melestarikan keberagaman budaya Nusantara. Dengan menghadirkan beragam kuliner dan pertunjukan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, diharapkan festival ini dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada seluruh civitas akademika FSB UNG dan masyarakat sekitar.

"Eksplorasi dan apresiasi terhadap budaya Nusantara sangat penting bagi mahasiswa, terutama bagi kami yang belajar dalam bidang bahasa dan budaya. Melalui festival ini, kami ingin mengajak semua orang untuk merasakan dan memahami keindahan serta keunikan budaya Indonesia," ujar Eka Febrianto.

Tidak hanya sebagai ajang hiburan semata, Festival Budaya dan Kuliner Nusantara juga menjadi momentum bagi mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam melestarikan tradisi-tradisi lokal. Dengan menampilkan berbagai kegiatan seperti pentas seni, pameran budaya, dan demo memasak, diharapkan generasi muda dapat terus menghargai dan mewarisi nilai-nilai budaya yang ada.

Tidak mengherankan jika acara ini menjadi sorotan, mengingat partisipasi yang sangat baik dari seluruh keluarga besar FSB UNG. Dosen, staf administrasi, dan tentu saja mahasiswa turut berperan aktif dalam mensukseskan acara tersebut. Keberhasilan festival ini tidak lepas dari kerja keras dan kolaborasi yang solid antara semua pihak terkait.

Dekan Fakultas Sastra dan Budaya, Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D, menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan acara ini. Beliau menegaskan pentingnya upaya mahasiswa dalam menjaga dan memperkenalkan kebudayaan Nusantara kepada masyarakat luas. "Festival Budaya dan Kuliner Nusantara ini bukan hanya sebuah acara biasa, tetapi juga sebuah wujud nyata dari kecintaan mahasiswa terhadap warisan budaya bangsa. Saya sangat bangga dengan dedikasi dan semangat mereka dalam mempromosikan keberagaman budaya Indonesia," ujar Dekan.

Selain itu, Wakil Dekan Kemahasiswaan, Dr. Herson Kadir, S.Pd., M.Pd, juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Beliau menyatakan bahwa acara semacam ini sangat penting untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan rasa kebanggaan terhadap budaya bangsa. "Saya mendukung sepenuhnya inisiatif mahasiswa dalam menggelar acara Festival Budaya dan Kuliner Nusantara ini. Semoga acara ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya Indonesia," ujar Herson.

Dengan demikian, Festival Budaya dan Kuliner Nusantara yang diselenggarakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FSB UNG bukan hanya menjadi sarana untuk bersenang-senang, tetapi juga sebagai wujud nyata dari komitmen untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya Nusantara kepada generasi muda. Semoga acara semacam ini dapat terus dilakukan sebagai bagian dari upaya membangun kesadaran akan keberagaman budaya dan menjaga warisan leluhur untuk generasi mendatang.

Agenda

25 Juni 2024

Pengukuhan dan Ramah Tamah Lulusan Sarjana FSB UNG Periode Bulan Juni 2024

Bertempat di Gedung Misfalah Kota Gorontalo

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D