KOMPETISI MEDIA PEMBELAJARAN NASIONAL TAHUN 2021
Latar Belakang
Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa/mahasiswa untuk belajar. Media pembelajaran dapat digunakan untuk menciptakan kondisi belajar yang nyata.
Dengan menggunakan media pembelajaran, pesan yang abstrak dapat diubah menjadi pesan yang beton. Misalnya, guru/dosen menyampaikan pesan tentang teknik membaca scanning, ketika pengajar hanya menjelaskan maka peserta didik akan kesulitan memahami teknik membaca scan.
Media pembelajaran dapat mempertinggi proses dan hasil pengajaran adalah tentang taraf berfikir peserta didik. Hal tersebut juga sejalan dengan teori perkembangan mental piaget, yang menambahkan bahwa terdapat tahap perkembangan mental seorang individu. Tahap manusia berfikir mengikuti tahap perkembangan berfikir dari kongkrit menuju abstrak.
Oleh karena itu, Lomba ini menjadi kesempatan bagi seluruh mahasiswa sebagai calon pengajar di masa depan untuk dapat memberikan sumbangsih pemikiran, gagasan, dan inovasi mereka dalam rangka meningkatkan efektivitas pengajaran yang ada di Indonesia. Kompetisi ini juga diharapkan dapat menjadi sarana penyaluran bakat - bakat para pengajar muda Indonesia dalam mengelaborasi media pembelajaran utamanya di masa pandemi seperti sekarang ini.
Tema
Kompetisi Media Pembelajaran Nasional mengusung tema "Inovasi Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0”.
Tahapan
Tahapan Kompetisi Media Pembelajaran Nasional Tahun 2021:
1. Pendaftaran : 04 – 23 Oktober 2021
2. Penilaian : 25 - 31 Oktober 2021
3. Pengumuman Finalis : 03 November 2021
4. Presentasi : 05 November 2021
5. Pengumuman Kejuaraan : 07 November 2021
Syarat dan Ketentuan Peserta
1. Terdaftar Sebagai Mahasiswa Aktif di PTN/PTS Seluruh Indonesia.
2. Karya multimedia pembelajaran Interaktif yang diajukan adalah karya tim.
3. Satu tim terdiri dari 2 sampai 3 mahasiswa.
4. Setiap tim hanya dapat mengirimkan 1 karya.
5. Karya multimedia pembelajaran Interaktif yang diajukan adalah karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
6. Ketua Tim Mengisi form pendaftaran pada link : Klik Disini
7. Peserta sanggup memenuhi syarat dan seluruh ketentuan lomba.
Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mutlak dan tidak dapat diganggugugat.
8. Setiap sub tema hanya memiliki 3 pemenang.
SYARAT MEDIA PEMBELAJARAN
1. Materi/bahan ajar yang dikembangkan adalah salah satu materi perkuliahan sesuai dengan sub tema kompetisi (materi bebas).
2. Karya multimedia pembelajaran interaktif dipublikasikan melalui platform YoutubeKarya disajikan dengan bahasa pengantar yang baku dan tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
3. Menit awal video yang dibuat harus mencantumkan tulisan “dibuat untuk mengikuti Kompetisi Media Pembelajaran tingkat Nasional”Link Youtube karya multimedia pembelajaran interaktif dikirimkan melalui link : Klik Disini
4. Video yang ditampilkan berdurasi 5 sampai 10 menit.
KRITERIA PENILAIAN LOMBA
1. Multimedia (70%) [ seleksi 5 besar ]
2. Aspek mulimedia: visual, audio, grafis
3. Konten: kedalaman dan urutan materi
4. Interaksi pengguna: praktis, efisiensi
5. Inovatif: penggunaan konteks
6. Orisinalitas: keterbaruan/modifikasiPresentasi (30%) [ seleksi juara (ditotalkan dengan nilai multimedia)
7. Kejelasan paparan
8. Demonstrasi media
NARAHUBUNG
David 085900306087
MTQ adalah ajang perlombaan yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman dan penghayatan terhadap kitab suci Al-Qur'an.
Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJ Bastrasia) dengan bangga mengumumkan acara tahunan yang ditunggu-tunggu, yaitu Konser Sastra Jilid 11
Acara ini diadakan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara alumni Jurusan
Fakultas Sastra dan Budaya UNG melaksanakan kuliah tamu praktisi wirausaha dalam mata kuliah Kewirausahaan