Dosen Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) UNG Menjadi Peserta Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional

Oleh: Moh. Kadhapy . 8 Juli 2023 . 19:11:04

Gorontalo, 6 Juli 2023 - Dosen di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dari Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) mengikuti Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Profesi Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNG. Acara pembukaan pelatihan ini diawali dengan sambutan dari Sekretaris LP3M UNG, Drs. Sumarno Ismail, M.Pd.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Aula LP3M lantai 2 ini dibuka oleh Prof. Karmila Machmud, S.Pd., MA., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi UNG, yang mewakili Rektor Universitas Negeri Gorontalo. Dalam sambutannya, Prof. Karmila menekankan pentingnya kegiatan pelatihan ini sebagai upaya untuk mengembangkan kapasitas dosen, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada kualitas mahasiswa dan lulusan UNG dalam bersaing di pasar kerja.

"Pelatihan ini memberikan kesempatan bagi dosen untuk mengevaluasi kembali pendekatan dan metode pembelajaran yang telah mereka lakukan selama ini. Melalui peningkatan keterampilan dasar teknik instruksional, diharapkan dosen dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas," ungkap Prof. Karmila.

Pelatihan PEKERTI ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang teknik-teknik instruksional yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Dosen peserta pelatihan akan diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan perkembangan pendidikan saat ini.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dosen FSB UNG dapat terus mengembangkan diri dan memberikan kontribusi yang lebih baik dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan inspiratif bagi mahasiswa. Dosen yang memiliki keterampilan instruksional yang baik akan mampu membimbing mahasiswa dalam mencapai prestasi akademik yang optimal dan menghadapi tantangan di dunia kerja.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.