Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNG Menggelar Program "Kelas Berani Berbicara"

Oleh: Moh. Kadhapy . 23 Agustus 2023 . 21:42:21

Gorontalo, 23 Agustus 2023 - Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (UNG) telah menghasilkan banyak kader-kader berpotensi di bidang retorika, seperti pembawa acara (MC) dan reporter. Menyadari pentingnya keterampilan berbicara, Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJ Bastrasia) FSB UNG mengadakan program "Kelas Berani Berbicara" dengan tema "Berbicara dengan Penuh Pesona".

Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan berbicara kepada mahasiswa baru Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FSB UNG. Acara ini diadakan pada Rabu, 23 Agustus 2023, dan dihadiri oleh pemateri ternama di bidang retorika, Elmawati Jaya S.Pd, yang telah meraih banyak prestasi untuk Jurusan Bastrasia, FSB, serta UNG.

Aas Ome, Ketua Umum HMJ Bastrasia, menjelaskan bahwa program ini merupakan inisiatif dari pengurus HMJ Bastrasia untuk memberikan wadah kepada mahasiswa dalam mengasah potensi retorika mereka. "Kelas Berani Berbicara" dihadiri oleh mahasiswa baru yang antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan ini.

"Kami berharap para mahasiswa baru terus mengambil peluang untuk belajar seperti ini. Dengan demikian, mereka akan memiliki bekal ilmu retorika yang bermanfaat dalam melakukan presentasi, berkomunikasi, dan mengembangkan potensi mereka dalam bidang retorika," ujar Aas Ome.

Dalam kelas ini, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari seorang ahli retorika yang telah memiliki pengalaman dan prestasi di bidang tersebut. Hal ini diharapkan akan membantu mahasiswa baru Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FSB UNG untuk lebih percaya diri dan efektif dalam berbicara di depan umum.

Program "Kelas Berani Berbicara" ini merupakan salah satu upaya dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FSB UNG untuk memberikan pendidikan yang komprehensif kepada mahasiswa, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga dalam pengembangan keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.