Kampus Merdeka Fair Dorong Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Oleh: Moh. Kadhapy . 12 Oktober 2023 . 23:45:27

Gorontalo, 12 Oktober 2023 - Kampus Merdeka Fair yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Ballroom Hotel Damhil Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berhasil menjadi ajang kolaborasi intensif antara perguruan tinggi dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar Kampus Merdeka Fair menjadi pintu gerbang untuk kolaborasi yang lebih erat. Lebih dari satu juta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi telah mengikuti program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama empat tahun terakhir.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, juga mengapresiasi program MBKM yang membantu mahasiswa vokasi mempersiapkan diri untuk dunia kerja. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani, mengajak semua pemangku kepentingan untuk menjaga momentum kebermanfaatan MBKM.

Kampus Merdeka Fair tidak hanya menjadi ajang seremonial, tetapi juga memuat kegiatan pameran, sharing session alumni, bedah buku, dan diskusi panel dengan melibatkan para ahli sebagai narasumber. Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Eduart, mengungkapkan rasa bangganya menjadi tuan rumah acara tersebut. Ia juga mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan program MBKM guna mempersiapkan diri lebih baik untuk dunia industri.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) XVI, Munawir Razak, optimis bahwa Kampus Merdeka Fair akan menjadi pemantik bagi perguruan tinggi di wilayahnya untuk mengakselerasi pelaksanaan Kampus Merdeka Mandiri. Dengan semangat kolaborasi, acara ini menjadi langkah positif dalam menjaga kualitas sistem pendidikan tinggi di Indonesia.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.