Kuliah Umum Prof. Greg Kessler di Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo: Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan

Oleh: Moh. Kadhapy . 15 September 2023 . 22:28:36

Gorontalo, 15 September 2023 - Hari ini, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan kuliah umum perdana untuk semester ganjil tahun akademik 2023/2024. Kuliah umum ini menjadi begitu istimewa dengan kedatangan Prof. Greg Kessler dari Ohio University, Amerika Serikat, yang bertema "Technology in Culture and Language Teaching: Empowering Teacher and Student in Tomini Bay Area" di ruang Saronde, Kampus 4 UNG.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Sastra dan Budaya, Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D., menyampaikan rasa bahagianya atas kehadiran Prof. Greg Kessler. Beliau juga mengungkapkan terima kasih kepada Prof. Kessler yang sebelumnya juga menjadi pemateri dalam acara peringatan ulang tahun ke-60 UNG serta dengan hangat menerima undangan untuk menjadi dosen tamu dalam kuliah perdana FSB.

"Kesempatan ini adalah anugerah besar bagi dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman dan wawasan baru mengenai pentingnya teknologi dalam pendidikan dan pemanfaatannya. Kami berharap akan ada langkah-langkah lanjutan dari dosen dan terutama mahasiswa, yang adalah calon guru yang akan memainkan peran penting dalam penelitian terkait teknologi dalam pendidikan di masa depan," ujar Prof. Nonny.

Prof. Greg Kessler memberikan materi yang sangat informatif tentang penggunaan teknologi dalam proses belajar dan mengajar, serta cara teknologi dapat membantu efektivitas pembelajaran. Beliau juga membahas tantangan yang mungkin dihadapi dalam penggunaan teknologi, menyoroti berbagai penelitian yang telah dilakukan dalam konteks teknologi pendidikan, dan berbagi wawasan tentang bagaimana menjadi guru yang inovatif di era digital ini.

Selama sesi kuliah umum, Prof. Greg Kessler menyoroti berbagai alat dan teknologi menarik yang dapat digunakan dalam pembelajaran, termasuk chat GPT, kecerdasan buatan (AI), VR, AR, TikTok, Google Scholar, metaverse, dan banyak lagi. Beliau menekankan pentingnya teknologi dalam pengajaran bahasa dan budaya.

Sebelum acara ditutup, Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi UNG, yang juga merupakan mantan mahasiswa Prof. Greg Kessler di Amerika Serikat, mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam atas kedatangan Prof. Kessler. Beliau menggambarkan betapa berharganya kunjungan Prof. Greg Kessler ke UNG dan bagaimana hal ini akan memberikan dampak positif pada perkembangan pendidikan di Universitas Negeri Gorontalo.

Acara kuliah umum ini juga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang meriah, di mana dosen dan mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan Prof. Greg Kessler, bertukar gagasan, dan mendiskusikan topik-topik menarik yang telah disampaikan dalam kuliah umum ini.

Kuliah umum ini telah memberikan pengalaman berharga bagi para peserta, dan Fakultas Sastra dan Budaya UNG berharap bahwa semangat inovasi dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan akan terus berkembang di kalangan dosen dan mahasiswa.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.