Layanan Advokasi Care: HMJ Pendidikan Bahasa Inggris Peduli Kesejahteraan Mahasiswa

Oleh: Moh. Kadhapy . 4 November 2023 . 19:23:57

Gorontalo, 4 November 2023 - Bidang Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), menghadirkan inovasi baru dengan meluncurkan "Layanan Advokasi Care." Layanan ini ditujukan untuk memberikan dukungan dan konseling kepada mahasiswa yang mengalami berbagai permasalahan, termasuk masalah kesehatan mental dan kekerasan seksual.

Rahmat Aditya Mahmud, Ketua Bidang Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa HMJ Pendidikan Bahasa Inggris, menjelaskan bahwa Layanan Advokasi Care bukan hanya sebagai tempat untuk menyampaikan keluhan tetapi juga sebagai wadah bagi mahasiswa yang ingin berbagi masalah perkuliahan, kesehatan mental, finansial, dan sejenisnya. "Kami ingin menciptakan ruang yang aman di mana mahasiswa dapat merasa didengar dan didukung," kata Rahmat.

Layanan Advokasi Care memberikan dua opsi bagi mahasiswa, yaitu menyampaikan keluhan secara langsung kepada pengurus bidang advokasi atau melalui kotak advokasi yang ditempatkan di depan Sekretariat HMJ Pendidikan Bahasa Inggris.

Rahmat menjelaskan bahwa sejak diluncurkan, Layanan Advokasi Care telah menerima beberapa keluhan dan curhatan dari mahasiswa. Beberapa mahasiswa membagikan cerita mereka tentang pengalaman kekerasan seksual dan kondisi finansial. "Kami sangat bersemangat dalam mengelola layanan ini dan berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan mahasiswa," tambahnya.

Inisiatif Layanan Advokasi Care ini bukan hanya sebuah program yang berdiri sendiri, tetapi juga merupakan hasil dari Sharing Session yang diadakan beberapa hari sebelumnya oleh HMJ Pendidikan Bahasa Inggris, UNG. Acara tersebut, yang dihadiri oleh mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNG angkatan 2021, 2022, dan 2023, mencakup dua sesi. Sesi pertama membahas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, dipandu oleh Lia Amalia, Ketua Tim Satgas PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) UNG, dan Dosen Aktif di Jurusan Kesehatan Masyarakat UNG.

Dengan adanya Layanan Advokasi Care, HMJ Pendidikan Bahasa Inggris UNG berkomitmen untuk terus mendukung dan melibatkan mahasiswa dalam upaya menjaga kesejahteraan mental dan fisik di lingkungan kampus.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.