Mengimplementasikan Program PPL PMS MBKM dengan Membangun Taman di SMP 1 Pinogaluman

Oleh: Moh. Kadhapy . 12 Juli 2023 . 09:13:21

Pinogaluman - Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dalam rangka Program Mengajar di Sekolah (PMS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dalam program ini, mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris turut berpartisipasi dalam membangun taman di SMP 1 Pinogaluman.

Kegiatan ini merupakan salah satu proker PPL PMS MBKM yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata kepada sekolah mitra, serta memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa dalam menerapkan teori dan keterampilan yang telah dipelajari di kelas. Dengan membangun taman di sekolah, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih hijau, indah, dan nyaman bagi siswa serta masyarakat sekolah.

Proses pembangunan taman melibatkan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FSB UNG, guru-guru sekolah, dan komite sekolah. Mereka bekerja sama dalam perencanaan, pengumpulan dana, pemilihan jenis tanaman, pembuatan taman, dan perawatan selanjutnya. Melalui kerja tim yang solid dan kolaboratif, taman tersebut berhasil dibangun dengan baik dan diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh komunitas sekolah.

Dalam kesempatan tersebut, salah seorang mahasiswa, Fatma Kani, menyampaikan kegembiraannya dalam berpartisipasi dalam proyek ini. Ia merasa bangga dapat memberikan kontribusi positif kepada sekolah dan melihat hasil dari kerja keras tim dalam membangun taman yang indah. Ia juga berharap bahwa taman ini dapat memberikan inspirasi dan kebahagiaan bagi siswa serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

Program PPL PMS MBKM ini menjadi bukti nyata dari komitmen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FSB UNG dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat pendidikan dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang berbasis pada pengalaman nyata. Melalui program ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang relevan dengan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.