Musik Nusantara: Menghadirkan Kreativitas dan Keberagaman Budaya

Oleh: Moh. Kadhapy . 2 November 2023 . 21:23:50

Gorontalo, 2 November 2023 - Sebagai dosen mata kuliah Musik Nusantara di Jurusan Pendidikan Sendratasik Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo, Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd., M.Sn, membagikan pandangannya tentang pentingnya kreativitas dalam proses pembelajaran dan penciptaan karya seni.

Dalam kutipannya, Mimy Astuty Pulukadang mengatakan, "Kreativitas akan memberikan kalian energi positif yang dapat membuat kalian menjadi pribadi yang lebih hebat karena ide cemerlang yang dihasilkan." Hal ini merujuk pada produk mata kuliah Musik Nusantara yang dihasilkan oleh kelompok seniman dengan nama "Bili'U 21" di Jurusan Pendidikan Sendratasik FSB UNG.

Produk MK Musik Nusantara yang dihasilkan oleh "Bili'U 21" adalah bukti konkret dari kreativitas dan dedikasi para mahasiswa dalam memahami, menghargai, dan menggambarkan keberagaman budaya Nusantara. Dalam video yang dihasilkan, mereka mengangkat tiga wilayah budaya, yaitu Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah, melalui karya seni musik.

Video ini adalah bentuk apresiasi tinggi terhadap keberagaman budaya Nusantara. Para seniman muda dari "Bili'U 21" telah berhasil menyajikan keindahan dan kekayaan budaya daerah tersebut melalui medium musik. Mereka berharap bahwa video ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk mencintai dan melestarikan budaya dan tradisi daerah masing-masing.

Penggabungan kreativitas, seni, dan keberagaman budaya melalui musik adalah cara yang indah untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap warisan budaya Indonesia. Karya ini juga mencerminkan semangat keberagaman yang menjadi salah satu kekayaan bangsa Indonesia.https://www.youtube.com/watch?v=6CVx03Ddshg

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.