Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FSB UNG Gelar Pergelaran Budaya dan Pameran Produk Pembelajaran PJBL/CM

Oleh: Moh. Kadhapy . 21 Desember 2023 . 21:30:42

Gorontalo, 21 Desember 2023 - Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (FSB UNG) menggelar pergelaran budaya dan pameran produk pembelajaran berbasis Project-Based Learning (PJBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian agenda akhir semester ganjil tahun akademik 2023-2024.

Pergelaran budaya yang diselenggarakan di gedung kulia FSB UNG menampilkan beragam pertunjukan seni dan budaya, mulai dari tarian tradisional, musik, drama, hingga pameran seni rupa. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berkolaborasi untuk menyajikan keberagaman budaya Indonesia dalam sebuah acara yang memukau.

Sementara itu, pameran produk pembelajaran PJBL/CM menampilkan hasil karya dan proyek pembelajaran mahasiswa selama semester ganjil. Mahasiswa mempresentasikan produk-produk yang dikembangkan sebagai implementasi dari metode pembelajaran berbasis proyek dan kontekstual. Produk-produk tersebut mencakup berbagai bidang, seperti media pembelajaran interaktif, buku cerita anak, permainan edukatif, dan lainnya.

Dr. Herman Didipu, S.Pd., M.Pd., Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, menyampaikan bahwa pergelaran budaya dan pameran produk pembelajaran ini merupakan upaya untuk memberikan wawasan dan pengalaman yang lebih kepada mahasiswa.

"Kegiatan ini tidak hanya memperlihatkan kekayaan budaya kita, tetapi juga menggambarkan kreativitas dan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan produk pembelajaran yang inovatif. Semua ini sejalan dengan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia," ujar Dr. Herman Didipu.

Pergelaran budaya dan pameran produk pembelajaran ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan civitas akademika FSB UNG. Acara ini juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan teman-teman serta mendapatkan apresiasi atas karya yang telah dihasilkan.

Dengan suksesnya kegiatan ini, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FSB UNG berharap dapat terus memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pembelajaran dan peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan kampus.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.