Prodi Bastrasia Lakukan Kunjungan Studi ke Wisma Bahasa di Jogjakarta

Oleh: Moh. Kadhapy . 25 Oktober 2023 . 13:51:11

Gorontalo, 25 Oktober 2023 - Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi Bastrasia) Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menjalani momen perdana dengan melaksanakan kunjungan studi ke luar daerah, salah satunya ke Wisma Bahasa di Yogyakarta pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Dr. Herman Didipu, S.Pd., M.Pd. Herman Didipu menjelaskan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengalaman kepada mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Fakultas Sastra dan Budaya UNG. Mereka diajak untuk terlibat dalam proses belajar mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teoritis mengenai proses pembelajaran BIPA, melibatkan perangkat pembelajaran BIPA, dan memberikan pengalaman praktis dalam mengajar siswa asing di dalam kelas," kata Herman Didipu.

Salah satu harapan utama dari kunjungan ini adalah membuka peluang kerja sama dalam penelitian dan magang mahasiswa BIPA di Wisma Bahasa Yogyakarta. "Kami ingin memastikan bahwa mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari FSB UNG dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka melalui pengalaman di luar daerah," tambahnya.

Dengan demikian, mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini akan memiliki wawasan yang lebih dalam dalam bidang Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, yang nantinya akan berdampak positif pada diri mereka sendiri dan juga pada masyarakat luas.

"Kami terus mempersiapkan mahasiswa Prodi Bastrasia agar mereka dapat mengaplikasikan keterampilan mereka dalam berbagai konteks, baik ketika mereka masih menjadi mahasiswa maupun setelah mereka lulus," ungkap Dr. Herman Didipu, S.Pd., M.Pd, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di FSB UNG.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik dalam memperkaya pengalaman dan pengetahuan mahasiswa Prodi Bastrasia, dan membuka peluang untuk kolaborasi lebih lanjut dalam bidang Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.