Prof. Karmin Baruadi, M.Hum dan Dr. Sunarty Eraku, M.Pd, masyarakat diberikan pemahaman yang holistik

Oleh: Moh. Kadhapy . 6 Agustus 2023 . 10:16:26

Gorontalo - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) telah menggelar seminar penanggulangan bencana berbasis kearifan lokal yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam. Seminar ini diresmikan oleh Camat Bulawa, Hertian Nasibu, S.Pd, di Kantor Desa Kaidundu Barat pada Sabtu (5/8/2023).

Pentingnya Penanggulangan Bencana

Seminar ini menjadi sebuah upaya nyata dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam seperti bantaran sungai, kaki gunung, dan pinggiran pantai. Dengan mengandalkan kearifan lokal, para mahasiswa KKN UNG ini membawa edukasi tentang tata cara penanganan saat terjadi bencana alam seperti banjir, longsor, dan ombak besar atau tsunami.

Peran Dosen Pembimbing Lapangan

Dalam kegiatan yang dipimpin oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Prof. Karmin Baruadi, M.Hum dan Dr. Sunarty Eraku, M.Pd, masyarakat diberikan pemahaman yang holistik mengenai penanganan bencana. Pendekatan berbasis kearifan lokal menjadi poin penting dalam seminar ini, di mana masyarakat diajak untuk memanfaatkan pengetahuan dan praktik tradisional dalam menghadapi situasi darurat.

Peningkatan Kesadaran dan Kesiapan

Seminar penanggulangan bencana berbasis kearifan lokal ini merupakan langkah konkrit dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam. Dengan menggabungkan pengetahuan modern dan kearifan lokal, Mahasiswa KKN UNG menunjukkan peran nyata dalam pembangunan komunitas yang lebih tangguh terhadap bencana.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.