Tarian Longgo di UNG, Simbol Keberanian dan Semangat bagi Mahasiswa Baru

Oleh: Moh. Kadhapy . 15 Agustus 2023 . 00:01:09

Gorontalo - Tradisi akan kekayaan budaya terus dilestarikan oleh Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Salah satu bentuk pengenalan dan pelestarian budaya ini adalah dengan menghadirkan Tarian Longgo, tarian khas daerah Gorontalo, pada penyambutan mahasiswa baru FSB UNG senin 14 Agustus 2023. Longgo dipilih sebagai bagian dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FSB UNG 2023, karena memiliki nilai filosofi yang mencerminkan keberanian dan semangat dalam menuntut ilmu.

Ketua Panitia PKKMB FSB UNG 2023, Dr. Herson Kadir, S.Pd., M.Pd., menyampaikan nilai-nilai luhur ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para mahasiswa baru dalam menjalani kehidupan kampus dan meraih prestasi. Dr. Herson Kadir mengatakan, Tarian Longgo merupakan simbol kekuatan dan keberanian yang sangat cocok diberikan kepada mahasiswa baru sebagai spirit dalam menghadapi tantangan kehidupan akademik. Selain itu, tarian ini juga menjadi bagian dari identitas FSB dalam melestarikan budaya daerah Gorontalo.

Dalam pelaksanaan PKKMB tahun ini, FSB UNG menampilkan berbagai inovasi dalam tema, konsep, dan kegiatan yang diharapkan mampu menciptakan mahasiswa yang lebih cerdas, kreatif, dan siap menghadapi tantangan kehidupan akademik serta dunia kerja. Program tersebut diarahkan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan kompetensi yang diperlukan guna meraih kesuksesan di masa depan. "Kegiatan PKKMB kali ini dirancang untuk memastikan mahasiswa baru siap menghadapi tantangan dan menjadi penerus generasi yang berkualitas. Kami berharap melalui kegiatan PKKMB ini, para mahasiswa baru dapat mengaplikasikan nilai-nilai keberanian dan semangat dari Tarian Longgo dalam kehidupan kampus sehari-hari dan mampu menciptakan prestasi gemilang sebagai generasi penerus bangsa," pungkas Dr. Herson Kadir, S.Pd., M.Pd., mantan aktivis dan alumnus UNG.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.