TIM PKM MENGGELAR WORKSHOP PENGEMBANGAN USAHA KULINER BERBASIS EKONOMI KREATIF DAN DIGITAL MARKETING DI DESA YOSONEGORO

Oleh: Moh. Kadhapy . 1 Agustus 2023 . 19:40:34

Tim PKM kolaborasi dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Ichsan Gorontalo menggelar workshop pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif dan digital marketing selama 3 hari pada tanggal 29 s.d 31 Juli bertempat di Aula Kantor Desa Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat Kab. Gorontalo.

Workshop yang dihadiri sekitar 30 peserta pelaku UMKM menerima materi terkait dengan ekonomi kreatif dan digital marketing. Materi ini disampaikan oleh tim pelaksana PKMJafar Lantowa, S.Pd.,M.A., Valentina Monoarfa, S.E.,M.M  dan Rofik Harun, S.Kom.,M.Kom.

Selain itu, workshop ini membahas materi terkait dengan proses sertifikasi halal untuk pelaku UMKM. Narasumber untuk proses penerbitan sertifikat halal disampaikan oleh Bapak Andriono Tobuhu dari Kanwil Kemenag Gorontalo. Penyampaian materi ini dilanjutkan dengan pendampingan proses penerbitan sertifikat halal yang diawali dengan pendataan produk UMKM di Desa Yosonegoro.

Workshop ini dilaksanakan karena berangkat dari permasalahan yang terjadi khususnya oleh pelaku UMKM kuliner yakni sedikitnya pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengembangkan usaha kuliner ke konsep ekonomi kreatif. Permasalahan ini berdampak pada pengemasan dan pemasaran yang bersifat konvensional. Oleh karena itu, diperlukan wadah dalam mengembangkan usaha kuliner masyarakat UMKM ini berbasis ekonomi kreatif. Melalui kegiatan workshop.

Workshop ini disambut dengan antusias peserta yang melontarkan banyak pertanyaan terkait dengan pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif dan digital marketing.Harapan peserta agar kegiatan workshop seperti ini dapat dilanjutkan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif dan digital marketing.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.