TIM PMM MENGGELAR WORKSHOP PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL

Oleh: Moh. Kadhapy . 1 Agustus 2023 . 19:36:11

Tim PMM kolaborasi dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Muhammadiyah Gorontalo menggelar workshop pengembangan pariwisata halal berbasis kearifan lokal dan e-commerce selama 3 hari pada tanggal 29 s.d 31 Juli bertempat di Aula Kantor Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kab. Gorontalo.

Workshop yang dihadiri sekitar 21 peserta mewakili Pokdarwis, pengelola desa wisata, perangkat desa, dan pelaku UMKM menerima materi terkait dengan pariwisata halal dan e-commerce. Materi ini disampaikan oleh tim pelaksana PMM Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, Jafar Lantowa, S.Pd.,M.A., dan Desrika Talib, S.E.,MM.Par. Selain itu, workshop ini membahas materi terkait dengan proses sertifikasi halal untuk pelaku UMKM. Narasumber untuk proses penerbitan sertifikat halal disampaikan oleh Bapak Andriono Tobuhu dari Kanwil Kemenag Gorontalo. Dalam materinya menyampaikan bahwa pengembangan pariwisata halal harus diawali dengan jaminan produk halal yang ada di Desa Bongo sehingga wisatawan merasa nyaman dengan produk yang tersedia di dalammya. Oleh karena itu, perlu adanya sertifikat halal bagi produk pelaku UMKM di Desa Bongo.

Selain itu, materi workshop ini tim pelaksana menekankan pada pentingnya destinasi wisata religi Bongo menjadi ikon pariwisata halal. Lebih lanjut Prof. Sayama Malabar, M.Pd menjelaskan bahwa dalam pengembangan desa wisata halal, perlu mempersiapkan aspek produk yang dipasarkan di Desa Wisata Religi Bongo. Produk tersebut dibuat oleh pelaku UMKM untuk dijual pada wisatawan yang berkunjung di Desa Wisata Religi Bongo. Dalam upaya mendukung pariwisata halal, maka produk lokal tersebut harus memiliki kriteria halal yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat halal oleh pelaku usaha UMKM.  UKM khususnya sektor pangan sebagai salah satu bagian integral kota wisata harus mampu memberikan jaminan kualitas produk yang dihasilkan, diantaranya jaminan produk halal, agar konsumen menjadi lebih nyaman dan memperoleh kepuasan. Selain itu, materi terkait dengan e-commerce oleh Ibu Desrika Talib yang mentikberatkan pada pentingnya media digital dalam pemasaran pariwisata halal sehingga dapat diakses oleh semua orang dan dapat meningkatkan jumlah pengunjung di Desa Wisata Religi Bongo. Hal ini dperkuat lagi dengan pemateri ketiga terkait dengan pemanfaatan kearifan lokal dalam mengembangkan desa wisata religi Bongo.

Workshop ini disambut dengan antusias peserta yang melontarkan banyak pertanyaan terkait dengan pengembangan desa wisata halal berbasis kearifan lokal dan e-commerce. Harapan peserta agar kegiatan workshop seperti ini dapat dilanjutkan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pengembangan pariwisata halal di Desa Wisata Religi Bubohu Bongo.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.