TIM PMM UNG-UMGO SIAP DAMPINGI PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL

Oleh: Moh. Kadhapy . 17 Juli 2023 . 22:57:43

Tim Pemberdayaan masyarakat oleh mahasiswa (PMM) kolaborasi Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Muhammadiyah Gorontalo mengadakan sosialisasi program dengan tema Optimalisasi Potensi Desa Wisata Religi Bongo Melalui Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Kearifan Lokal dan E- Commerce. Kegiatan sosialisasi ini dirangkaian dengan penyambutan mahasiswa KKN Tematik Mahasiswa oleh pemerintah desa. Dalam pelaksanaan sosialisasi ini, tim PMM Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, Jafar Lantowa, S.Pd.,M.A. dan Desrika Talib, S.E.,M.M.Par.menyampaikan siap untuk mendampingi Kelompok Sadar Wisata beserta masyarakat UMKM dalam pengembangan pariwisata halal dalam berbagai program.

Adapun program yang disosialisasikan berupa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam PMM selama 5 bulan di Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai. Beberapa program yang akan dilaksanakan tim PMM adalah  Workshop pengelolaan potensi Pariwisata Halal berbasis Kearifan Lokal dan E- Commerce, Melibatkan masyarakat mitra dalam pengelolaan potensi Pariwisata Halal berdasarkansistem klaster dengan memperbaiki masalah produksi, manajemen, dan pemasaran,  Pemanfaatan teknologi informasi dalam mempromosikan pariwisata halal melalui produk lokal sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat dan Menata infarstuktur Desa Wisata Religi Bongo dengan beberapa fasilitas yang akan mendukung nuansa pariwisata halal, serta pendampingan dalam proses produk halal oleh UMKM Desa Bongo.

Menurut ketua tim pelaksana Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd bahwa program pemberdayaan oleh mahasiswa ini dilatarbelakangi oleh Desa Bongo sebagai Desa Wisata Religi sangat dekat dengan branding Pariwisata Halal. Potensi Desa wisata religi menggambarkan potensi pariwisata halal yang pelru dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, namun masih banyak wisatawan yang belum mengenal berbagai objek wisata yang ada di dalam Desa Bongo sendiri. Oleh karena itu, tim PMM siap untuk melaksanakan pendampingan demi pengembangan pariwisata halal di Desa Wisata Religi Bongo.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.