Universitas Negeri Gorontalo Seleksi Mahasiswa Terbaik untuk National University Debating Championship Tingkat Universitas

Oleh: Moh. Kadhapy . 27 Februari 2024 . 23:22:10

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) telah melangsungkan seleksi National University Debating Championship (NUDC) tingkat universitas tahun 2024 pada Selasa (27/2). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas dan ketua panitia dari dosen Fakultas Sastra dan Budaya, Titien Fatmawaty Mohammad, S.Pd, M.App Ling. Menurut Titien, NUDC tingkat Universitas adalah ajang kompetisi yang mempertemukan tim debat dari seluruh fakultas di UNG, dengan total 22 tim yang berpartisipasi.

"NUDC tingkat Universitas tidak hanya menjadi ajang kompetisi bagi mahasiswa dalam bidang debat bahasa Inggris, tetapi juga sebagai seleksi untuk menemukan mahasiswa terbaik yang akan mewakili UNG pada kompetisi di tingkat regional dan nasional," ungkap Titien.

Menurut Titien, kompetisi tingkat Universitas ini bertujuan untuk menemukan mahasiswa dengan jiwa kompetisi yang kuat dalam debat, serta memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik sebagai perwakilan UNG pada tingkat wilayah maupun nasional. Selain kemampuan berbahasa Inggris, penilaian juga akan melibatkan kemampuan pemikiran kritis mahasiswa dalam menanggapi suatu isu, serta kemampuan dalam menggunakan metode debat yang efektif.

Kompetisi debat bahasa Inggris tidak hanya merupakan ajang untuk menunjukkan kemampuan berbicara dalam bahasa asing, tetapi juga merupakan platform untuk mengembangkan keterampilan analisis, pemikiran kritis, dan kemampuan berargumentasi mahasiswa. Dengan mengikuti kompetisi ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi mereka, serta memperluas wawasan dan pemahaman mereka tentang berbagai isu yang relevan.

Diharapkan, melalui NUDC tingkat universitas ini, UNG dapat menemukan para mahasiswa yang berpotensi dan berkompeten dalam debat bahasa Inggris, serta dapat menghasilkan tim yang mampu bersaing secara efektif dalam kompetisi di tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi para peserta, serta memperkaya pengalaman akademik dan pembelajaran di lingkungan kampus.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.