Workshop Keterbukaan Informasi Publik UNG: Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Transparansi

Oleh: Moh. Kadhapy . 6 Juli 2023 . 17:51:52

Gorontalo, Selasa 6 April 2023 - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar workshop keterbukaan informasi publik sebagai bagian dari upaya mereka dalam memberikan penguatan tentang keterbukaan informasi. Acara yang diadakan di Ballroom TC Damhil UNG ini dihadiri oleh tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan UNG, dengan narasumber Tenaga Ahli dari Komisi Informasi Pusat (KIP), Siti Ajijah, S.H., M.H., serta Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI, Munawir Razak.

Prof. Karmila Mahmud, M.A., Ph.D., selaku Wakil Rektor bidang Kerjasama, Perencanaan, dan Sistem Informasi serta Ketua PPID UNG, menjelaskan bahwa tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya keterbukaan informasi publik dalam masyarakat.

"Dalam workshop ini, peserta diberikan wawasan mengenai berbagai aspek terkait hukum, etika, dan kebijakan yang terkait dengan keterbukaan informasi publik. Hal ini menjadi modal utama dalam mengoptimalkan implementasi keterbukaan informasi publik di UNG," ungkap Prof. Karmila.

Selain memberikan pemahaman, workshop keterbukaan informasi juga memiliki peranan penting bagi UNG dalam menghadapi pelaksanaan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi yang akan dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat.

"Dengan memiliki pemahaman yang baik, diharapkan UNG dapat mengimplementasikan keterbukaan informasi dengan maksimal sebagai salah satu pilar dari demokrasi," tambahnya.

Workshop ini menjadi langkah konkret UNG dalam mendukung dan mendorong transparansi dalam penyediaan informasi publik kepada masyarakat. Dengan adanya pemahaman yang lebih baik tentang keterbukaan informasi, UNG berkomitmen untuk memberikan akses yang lebih luas dan transparan terhadap informasi publik yang relevan.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.