Kuliah Umum FSB Bersama Dosen UNY, Dr. Ari Kusmiatun S.Pd., M.Hum.

Oleh: Moh. Kadhapy . 30 Agustus 2021 . 19:27:07

Gorontalo - Awal perkuliahan menjadi momentum yang sangat menyenangkan, terlebih mahasiswa baru yang baru merasakan suasana perkuliahan. Fakultas Sastra dan Budaya melaksanakan Kuliah Umum sebagaimana yang dilakukan oleh Fakultas - Fakultas lain di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Kuliah Umum tersebut mengundang ibu Dr. Ari Kusmiatun, S.Pd., M.Hum., salah satu dosen Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara DARING (Dalam Jaringan) menggunakan Zoom Meeting, pada tanggal 30 Agustus 2021.

Kegiatan Kuliah Umum tersebut diawali dengan opening speech oleh Dekan Fakultas Sastra dan Budaya kemudian dilanjutkan pada kegiatan inti. Dr. Ari Kusmiatun memberikan materi dengan topik "Menyongsong Era Global Berbasis Interdisiplin Keilmuan". Dosen Universitas Negeri Yogyakarta ini menjelaskan banyak sekali tentang bagaimana mahasiswa harus bertindak dalam mewujudkan cita - cita mereka.

Dalam pemaparan materinya, Dr. Ari Kusmiatun mendorong mahasiswa agar mampu memperbanyak interaksi dengan orang lain dengan tujuan memperkuat relasi mahasiswa satu dengan yang lain. Beliau juga mengharuskan seluruh mahasiswa agar berlomba dalam mengukir prestasi karena dengan begitu maka harapan ataupun cita - cita yang ingin diraih akan lebih ringan untuk digapai.

Selanjutnya beliau juga "menuntut" Mahasiswa untuk menjadi multidisipliner scientific, hal ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih mampu menguasai lebih dari satu bidang keilmuan saja. Tujuannya ialah mahasiswa perlu mempersiapkan hal lain selain dari apa yang mereka telah pelajari dari ruang Kuliah atau dalam arti lain mahasiswa harus menguasai bidang lain selain dari fokus jurusan yang ia pilih.

Di akhir sesi, beliau menambahkan bahwa semua orang tidak bisa memprediksi bilamana hal lain yang kita pelajari di luar bangku Kuliah tersebut akan membuat kita bisa memperoleh banyak manfaat. Contoh yang bisa kita lihat ialah dimana ketika di dunia kerja kita akan memperoleh tugas dari atas yang nantinya akan sedikit kontras dengan yang dibidangi, contoh lainnya ialah apabila hal tersebut mampu membuka kesempatan untuk jalan - jalan keluar negeri atau bahkan melanjutkan proses disana.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.