Peningkatan Kualitas Manusia di Kawasan Teluk Tomini: Gagasan Guru Besar UNG

Oleh: Moh. Kadhapy . 13 Oktober 2023 . 21:16:11

Gorontalo, 12 Oktober 2023 - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus berkomitmen dalam pengembangan kawasan Teluk Tomini, sebagai bagian dari upaya mempersempit kesenjangan pembangunan di kawasan timur dan barat Indonesia. Salah satu langkah nyata dalam mendukung pembangunan kawasan Teluk Tomini adalah dengan menghadirkan gagasan-gagasan inovatif yang mampu meningkatkan kualitas manusia di wilayah tersebut.

Pada sidang terbuka senat orasi ilmiah guru besar di UNG, Kamis (12/10), Prof. Karmila Mahmud, M.A., Ph.D., seorang guru besar UNG, menyampaikan gagasan terkait peningkatan kualitas manusia dengan judul "Artificial Intelligence (AI), Friend or Enemy: Peluang dan Tantangan Peningkatan Kualitas Manusia di Kawasan Teluk Tomini." Dalam orasinya, Prof. Karmila menjelaskan pentingnya upskilling dan reskilling sumber daya manusia (SDM) di kawasan Teluk Tomini.

Menurut Prof. Karmila, pembekalan keterampilan baru dan peningkatan kualifikasi SDM sangat dibutuhkan agar masyarakat di kawasan Teluk Tomini dapat memperoleh pekerjaan yang masih dibutuhkan dan dapat bertahan di era Society 5.0 yang sedang berlangsung. Hal ini menekankan perlunya pemberdayaan pendidikan yang terarah, terkini, dan berkualitas agar menciptakan manusia yang mampu beradaptasi dan bertahan di era Society 5.0 saat ini.

"Society 5.0 merujuk pada masyarakat yang berpusat pada peran manusia dan mampu memanfaatkan teknologi terkini, seperti artificial intelligence. Teknologi ini digunakan untuk memecahkan masalah kompleks dan meningkatkan kualitas hidup," ungkap Prof. Karmila.

Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Sulawesi, UNG memiliki tanggung jawab besar dalam menyiapkan SDM berkualitas di kawasan Teluk Tomini, yang menjadi salah satu program unggulan UNG. SDM yang dimaksud adalah masyarakat yang produktif dan memiliki kompetensi dalam menguasai teknologi terkini, termasuk artificial intelligence, sehingga mampu bertahan, mengatasi tantangan, dan memanfaatkan peluang dalam era Industri 4.0 dan Society 5.0.

Prof. Karmila menegaskan bahwa ada dua tugas besar yang harus diemban oleh UNG dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas di kawasan Teluk Tomini, yaitu meningkatkan literasi digital dan literasi bahasa Inggris. Dua hal ini merupakan indeks pencapaian yang masih memerlukan perhatian khusus dalam upaya menciptakan masyarakat Teluk Tomini yang siap menghadapi masa depan dengan percaya diri dan kompeten.

Dengan gagasan-gagasan seperti yang disampaikan oleh guru besar UNG, diharapkan akan muncul solusi-solusi inovatif dan langkah-langkah konkret untuk mengembangkan kawasan Teluk Tomini menjadi kawasan yang lebih maju dan berdaya saing. Gagasan-gagasan tersebut juga sejalan dengan visi dan misi UNG dalam berkontribusi pada pembangunan nasional dan masyarakat sekitar.

Agenda

15 - 16 Februari 2024

RAPAT KERJA

Fakultas Sastra dan Budaya 2024

4 Desember 2023

Rapat Senat

Penetapan dan Pencabutan Nomor Urut Calon Dekan FSB UNG Periode 2023-2027

21 September 2023

Pengukuhan Guru Besar FSB

Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D - Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D

15 September 2023

Kulia Umum

Kulia Umum FSB oleh Prof. Greg Kessler dari Ohio University, serangkaian Dies Natalis UNG ke-60 di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya.